ISO 27001

ISO 27001

ISO 27001 adalah standar internasional yang membantu organisasi mengelola dan melindungi aset informasi mereka dan menjaganya tetap aman, dengan menjelaskan praktik terbaik untuk Sistem Manajemen Keamanan Informasi (ISMS). Sertifikasi ISO 27001 akan membantu organisasi Anda mengelola keamanan aset. Ini juga akan memberi tahu pelanggan Anda bahwa organisasi Anda telah menetapkan dan menerapkan proses keamanan informasi yang efektif; memenangkan kepercayaan mereka dan membantu Anda menciptakan hubungan saling percaya.

 

APA MANFAAT SISTEM MANAJEMEN KEAMANAN INFORMASI ISO 27001?

  • Kepatuhan terhadap peraturan. Undang-Undang Perlindungan Data Inggris hanyalah salah satu dari banyak peraturan yang saat ini berkaitan dengan keamanan informasi di Inggris Raya. Penerapan ISO 27001 membantu memastikan kepatuhan terhadap semua hukum dan peraturan yang berlaku. Hal ini mengurangi kemungkinan denda dan sanksi lainnya karena ketidakpatuhan atau terjadinya pelanggaran data.
  • Pelanggaran data. Satu pelanggaran data dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada reputasi perusahaan Anda. Audit ISO 27001 membantu Anda membatasi kemungkinan pelanggaran dengan mengidentifikasi area di mana Anda paling rentan. Ini juga menyediakan kerangka kerja risiko keamanan manajemen informasi. Seperti yang disebutkan, mematuhi standar ISO 27001 mengurangi kemungkinan dikenakan denda atau menghadapi tuntutan pidana karena ketidakpatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku.
  • Keyakinan manajemen risiko rendah. Seberapa yakin Anda dengan kemampuan organisasi Anda untuk mengelola risiko keamanan data / informasi secara efektif? Pendaftaran ISO 27001 memberi perusahaan kerangka kerja yang efektif untuk mengidentifikasi risiko dan ancaman, serta untuk menetapkan kontrol internal yang sesuai untuk meminimalkan atau bahkan menghilangkannya. Ini akan memberi Anda dan pemangku kepentingan jaminan yang lebih besar bahwa Anda melakukan segala kemungkinan untuk melindungi informasi penting organisasi Anda.
  • Akses ke informasi. Elemen penting dari setiap upaya keamanan data adalah secara efektif mengontrol siapa yang memiliki akses ke informasi pada waktu tertentu. Sertifikasi ISO 27001 menyediakan kerangka kerja untuk memastikan bahwa semua pengguna resmi bisa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan saat mereka membutuhkannya, sekaligus mencegah pengguna yang tidak sah mengakses data pribadi atau rahasia. Ini juga membantu membangun kepercayaan dan kredibilitas pemangku kepentingan, sekaligus meningkatkan operasi pemulihan perusahaan Anda jika terjadi pelanggaran atau peristiwa bencana lainnya.
  • Memenuhi harapan pelanggan yang tinggi. Dapat dimaklumi, pelanggan Anda cenderung memiliki ekspektasi tinggi dalam hal melindungi informasi pribadi atau sensitif mereka. Standar IS0 27001 bertindak sebagai cetak biru untuk menetapkan kebijakan dan prosedur ramah pelanggan yang mengurangi risiko pelanggaran perusahaan Anda, membantu menenangkan pikiran pelanggan Anda. Ini dapat menguntungkan dalam hal meningkatkan retensi pelanggan dan menghasilkan bisnis baru. Ini juga dapat mengurangi tingkat pengawasan pihak ketiga terkait praktik keamanan informasi Anda.
  • Menciptakan pola pikir keamanan. Keamanan informasi harus menjadi titik fokus bagi setiap anggota organisasi Anda. Tindakan implementasi IS0 27001 mengirimkan pesan yang jelas ke seluruh organisasi Anda bahwa keamanan adalah prioritas utama. Dengan meningkatkan kesadaran, Anda akan membantu membangun pola pikir keamanan yang akan menyebar ke setiap tingkat perusahaan Anda, yang juga dapat mengurangi kemungkinan pelanggaran keamanan terkait staf.